7 Usaha Sampingan Bagi Ibu-Ibu Yang Sudah Punya Momongan

7 Usaha Sampingan Bagi Ibu-Ibu Yang Sudah Punya Momongan

Usaha Sampingan Ibu-Ibu Yang  Punya Momongan

Bisnis yang dimulai dari rumah bukanlah hal yang sulit dilakukan. Terutama di era ini, dimana teknologi komunikasi dan internet telah sangat berkembang dan mudah digunakan. Untuk kamu, ibu kreatif yang punya momongan; ada banyak kreasi bisnis yang bisa kamu kerjakan dari rumah.

Jika kamu berniat membuka bisnis untuk menambah uang belanja semisal dengan usaha sampingan, kamu bisa mencoba menjalankan beberapa ide usaha sampingan bagi ibu-ibu yang sudah punya momongan dibawah ini.

  1. Day Care

Bisnis day care sangat cocok dijalankan kalau kamu tinggal di kota besar. Keberadaan day care merupakan solusi pengasuhan yang tepat bagi para orangtua yang sibuk bekerja. Mereka bisa dengan tenang menitipkan anaknya di day care yang kamu jalankan, selagi mereka  bekerja.

Selain bisa mengasuh anak kamu sendiri, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan dengan menjalankan usaha day care ini. Menurut info, margin usaha daycare kelas menengah atas bisa mencapai 40% hingg 45%. Sedangkan untuk usaha day care menengah kebawah, margin usahanya sekitar 20%.

  1. Antar Jemput Anak Sekolah

Peluang Usaha ini cocok untuk kamu yang memiliki anak yang sudah bersekolah. Sembari menjemput anak kamu pergi dan pulang sekolah; kamu juga bisa membantu para orang tua lain yang tidak sempat melakukannya dengan memberikan layanan jasa antar jemput anak sekolah.

Untuk merintis bisnis ini kamu setidaknya harus memiliki kendaraan yang bisa menampung banyak penumpang, misalkan mini bus atau semacamnya. Selain itu kamu harus memastikan kenyamanan para penumpang kecil tersebut di dalam mobil atau mini bus tersebut, sehingga mereka senang diantar jemput oleh kamu.

  1. Rental dan atau Jual Beli Perlengkapan Bayi dan Anak

Pertumbuhan balita cukup pesat, mereka juga mudah bosan. Sedangkan harga perlengkapan bayi serta mainan anak yang berkualitas relatif mahal. Sehingga menyewa peralatan bayi bisa menjadi solusi praktis bagi para ibu yang baru memiliki bayi. Kamu bisa mengambil peluang ini dengan menyewakan perlengkapan dan mainan bayimu yang sudah tak dipakai lagi namun masih baik kualitasnya.

Barang-barang seperti stroller, tempat tidur bayi, mainan, dan lainnya bisa kamu sewakan. Untuk tambahan, kamu juga bisa mengumpulkan barang-barang dari teman-temanmu yang lain. Untuk mendapatkan pelanggan, kamu bisa membagikan brosur offline maupun online melalui sosial media.

Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan pengalaman kamu dalam mencari produk-produk bayi/balita untuk anakmu kamu, dengan melakukan jual beli perlengkapan bayi. Pastikan kamu memilih suplier perlengkapan bayi yang berkualitas dengan harga bersaing.

  1. Usaha Mainan Anak Edukatif

Mainan anak edukatif cukup populer dan diminati dewasa ini. Sebagai ibu rumah tangga, tentunya kamu juga akan lebih memilih untuk memberikan mainan edukatif untuk anak kamu. Kamu bisa mengambil peluang usaha mainan anak edukatif ini. Selain bisa membuat dan menjualnya sendiri, kamu juga bisa bekerjasama dengan suplier lain.

Mainan edukatif ini bisa kamu tawarkan kepada teman sesama ibu rumah tangga yang memiliki balita. Kamu juga bisa memanfaatkan sosial media dan jalinan pertemanan dalam berbagai grup parenting untuk mengiklankan mainan edukasi yang kamu jual. Menjualnya melalui marketplace juga bisa menjadi pilihan yang baik.

  1. Usaha Masakan

Kalau kamu suka dan pandai memasak, kamu bisa memanfaatkan keahlian ini dengan membuka usaha masakan. Menariknya, usaha masakan merupakan peluang usaha rumahan yang paling mudah dan menguntungkan.

Ada banyak jenis  usaha masakan yang bisa kamu buka, sesuai dengan jenis masakan yang menjadi keahlianmu serta waktu dan tenaga yang bisa kamu berdayakan. Contohnya usaha masakan seperti berikut:

  • Bisnis Catering

Bisnis ini sangat tepat untuk kamu yang suka memasak dan senang bereksperimen di dapur. Sembari memasak untuk kebutuhan rumahmu, kamu bisa membuka bisnis katering harian untuk ibu rumah tangga lain yang tidak sempat mengolah makanan sehat untuk anaknya. Kamu bisa memulainya dari skala kecil, seperti memenuhi kebutuhan orang-orang di sekitarmu, misalnya tetangga, kerabat, atau teman-temanmu.

  • Bisnis Kue Basah dan Kering

Bisnis ini cocok untuk kamu yang memiliki keahlian dalam membuat kue-kue, baik kue basah maupun kue kering. Memang margin usaha yang didapat dari makanan berat leboh tinggi dari pada makanan ringan seperti kue-kue ini. Namun pangsa pasar kue-kue lebih luas dari pada katering, sebab seseorang memesan makanan berat maksimal 3 kali sehari, sedangkan kue-kue bisa berkali-kali.

Kamu bisa membuat berbagai variasi kue, dan membuat menu dalam bentuk paket, serta variasi harga untuk hari atau acara tertentu. Untuk pengaturan waktu, kamu bisa membatasi orderan misalkan berapa paket perhari, atau berapa kali seminggu.

  • Bisnis Frozen food

Makanan frozen food juga menjadi solusi yang banyak dipilih oleh para ibu rumah tengga yang tidak memiliki banyak waktu untuk menyiapkan makanan sehat dan bergizi untuk anaknya. Para single fighter seperti mahasiswa atau anak kos juga cenderung menyetok jenis makanan ini di tempat tinggalnya. Kamu bisa membuat nugget sehat seperti nugget daging, tahu atau tempe, atau bahkan nugget sayuran yang sehat dan menjualnya.

  1. Rias Wajah

Usaha rias wajah, baik rias pengantin atau rias salon biasa bisa menjadi peluang usaha yang menarik untuk kamu yang pandai merias dan suka bereksperimen dengan berbagai merek makeup. Kamu bisa memulainya dengan merias teman-teman atau tetanggamu terlebih dahulu, dan memposting hasilnya sebagai iklan di sosial media.

  1. Agen Pembayaran Online

Dengan perkembangan internet dan alat komunikasi smartphone, kini muncul banyak layanan agen pembayaran online yang mudah dengan biaya admin yang murah. Namun tak dipungkiri banyak ibu-ibu yang masih gaptek.

Kamu bisa memanfaatkannya dengan membukan jasa layanan pembayaran onlie seperti pembelian pulsa, token listrik, BPJS, tagihan PLN, PDAM, TV Kabel, dan semacamnya.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan internet untuk memulai usaha sendiri. Saat ini ada banyak sekali peluang usaha dropship dan reseller yang bisa anda garap. Menariknya, biasanya biayanya relatif murah dan terjangkau.

Demikian artikel mengenai 7 usaha sampingan bagi ibu-ibu yang sudah punya momongan ini. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *