Menuai manfaat dari Sejarah Tas Elizabeth [50 Tahun Tas Elizabeth]

Sejarah Tas Elizabeth

Mula sejarah Tas Elizabeth

Siapa sangka, usaha yang dirintis sejak tahun 1962 ini sekarang berkembang pesat di Nusantara. Hampir diseluruh kota di Indonesia bisa kita temukan gerai Tas Elizabeth ini. Benarlah sebuah ungkapan yang mengatakan “Kerja keras tidak akan menghianatimu”. Sekarang sepasang suami  istri, Handoko Subali dan Elizabeth Halim menikmati hasil kerja keras mereka bebera tahun silam.

Sejarah tentang Brand Tas Elizabeth ini dimulai tahun 1962. Pada tahun itu, mereka tergerak untuk memproduksi tas perjalanan atau yang lebih kita kenal dengan istilah Travel Bag. Saat itu mereka sudah memiliki 3 orang karyawan dengan kemampun produksi 1 lusin setiap harinya.

Karena permintaan Tas yang cukup banyak, pada tahun 1963 akhirnya mereka menambah karyawan hingga 8 orang karyawan sehingga bisa memproduksi tas hingga 6 lusin setiap harinya.

Ada kerja keras dibalik hasil yang diperoleh

Hasil yang mereka dapatkan saat ini bukanlah sesuatu yang tanpa kerja keras dan pengorbanan. Untuk bisa memulai usaha ini, mereka harus meminjam uang kepada temannya, bahkan mereka juga harus merogoh uang arisan orang tua untuk memulai usaha ini.

Tetapi mereka tidak putus semangat. Bermodalkan 1 mesin Jahit dan 1 sepeda kumbang mereka mulai memproduksi dan memasarkan secara door to door. Dari toko ke toko. Sudah tidak terhitung kisah penolakan dari banyak toko terhadap mereka. Tapi, semangat mereka tidak kendor. Ini hanya masalah waktu saja.

Akhirnya, Tas Elizabeth ini mulai dikenal banyak orang. Tahun 1965 mereka menambah karyawan hingga 15 orang. Oh ya, perlu anda ketahui, Ibu Elizabeth tidak menganggap karyawannya sebagai pekerja saja, namun lebih dari itu. Ia menganggapnya sebagai Anak asuh.

Menariknya, pada saat memasarkan tas dari toko ke toko, mereka belum memberikan merek apapun terhadap tas tersebut. Barulah pada tahun 1968 mereka kepikiran untuk memberikan merek terhadap tas hasil produksi mereka.

Merek tas yang mereka pilih adalah Elizabeth. Disamping adalah nama pemilik dari tas tersebut, Elizabeth juga mudah diingat, katanya. Bahkan merek Elizabeth ini sudah dipatenkan sebagai brand tas Elizabeth.

Lalu apa rahasia kesuksesan mereka?

Selain kerja keras dan pantang menyerah, mereka juga fokus pada kualitas dan keunikan produk yang mereka jual. Mereka ternyata tidak menggunakan bahan baku yang berasal dari Indonesia, sehinga sangat sulit ditiru.

Satu lagi yang membuat mereka bisa bertahan dari berbagai terpaan ekonomi,  yakni modal tanpa pinjam bank. Jika pada tahun 1998 pada perusahaan yang terdampak ole krisi ekonomi, tapi tidak begitu dengan perusahaan Tas Elizabeth ini, karena memang mereka tidak bersentuhan sama sekali dengan yang namanya Bank.

Harga Tas yang terjangkau

Jika kita lihat, rahasia yang membuat tas ini begitu disukai banyak wanita Indonesia adalah harga yang terjangkau. Dengan kualitas premium mereka tetap bisa memberikan harga yang relatif murah untuk ukuran masyarakat Indonesia. Jika dirata-rakan, harga tas Elizabet berkisar antara 150ribu hingga 300ribuan. Sangat murah sekali.

Itulah sekelumit cerita dibalik Brand Tas Elizabeth. Sekarang anda sudah tahu, siapa dibalik tas Elizabeth yang anda gunakan sehari-hari.

Mudah-mudahan tulisan singkat ini bisa menginspirasi kita untuk terus berkarya, menghasilkan sesuatu agar suatu saat bisa membantu banyak orang.